Pages

Minggu, 16 Juni 2013

Web dan Perilaku Sosial

firman joyo prakoso     52411897
masandi darajat            54411344
rendy anggara              55411960
reza aulia                     56411038
yoga putra                   57411524






Web dan Perilaku Sosial

Sudah barang tentu banyak yang menyadari atau meyakini bahwa sifat asli seseorang dapat terbawa ketika dia sedang berselancar atau mengeksplorasi dunia maya , kadang juga ada yang dapat dengan sempurana menyembunyikan jati diri asli nya agar tidak di ketahui oleh khlayak ramai, berbagai macam masalah dan manfaat muncul dari penggunaan web, baik itu permasalahan sehari-hari maupun permasalahan yang sangat kompleks.


Perilaku-Perilaku yang sering muncul di dunia maya itu adalah sebagai berikut :

1. Seluruh dunia harus tahu

Tipe netizen seperti ini selalu mengumumkan segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupannya. Beli sepatu baru, langsung Tweetpic. Ketemu artis, up date status. Masuk WC, terlambat makan siang, lupa mengisi ulang baterai handphone, nonton topeng monyet, sampai pengalaman nonton film terbaru di bioskop, semuanya dibagi di jejaring sosial. Orang seperti ini bisa dibilang penghuni jejaring sosial sejati, miss online, atau mr. Exist. Sepertinya seluruh dunia harus tahu apa yang dia lakukan dan dia rasakan setiap saat, setiap waktu. Semakin banyak yang berkomentar, maka akan semakin senang dia, karena telah berhasil menjadi pusat perhatian.
Kemajuan teknologi telah memungkinkan munculnya perilaku seperti ini. Namun apakah perilaku ini positif dan dapat diterima? Ini merupakan pertanyaan besar. Yang jelas, dalam etika berinternet atau berjejaring sosial, banyak narasumber yang mengatakan perilaku terlalu mengekspos hal-hal pribadi seperti menjadikan jejaring sosial sebagai buku harian, tidak dianjurkan. Selain tidak etis, tidak semua orang perlu tahu segala kegiatan dan pemikiran orang lain. Itu mengganggu.

2. Cyber Bullying

Perilaku yang satu ini sedang menjadi topik hangat di dunia maya. Bullying kini tidak hanya dilakukan dalam kehidupan nyata, tapi juga di dunia cyber. Cyber bullying terjadi setiap hari di dunia maya, terutama di jejaring sosial. Kalau ada pihak yang merasa tidak suka atau tidak setuju dengan pernyataan pihak lain, mereka bisa dengan mudah mem-bully pihak tersebut dengan berondongan posting yang menyudutkan. Perlu kita ingat, bullying tidak pernah merupakan perbuatan terpuji, baik itu di dunia nyata maupun di dunia maya. Sudah banyak kasus cyber bullying yang berakibat fatal hingga berujung kepada kematian korban. Jadi mari kita hentikan ini.

3. Aku, Saya, dan Diriku

Netizen yang satu ini sangat suka memajang foto dirinya dalam berbagai pose, berbagai busana, dan segala suasana. Boleh-boleh saja, dan sah-sah saja. Toh tidak merugikan orang lain. Lagipula manusia memang terlahir dengan ego. Hanya mungkin saja ada orang yang merasa bosan dan menggerutu di belakang karena terlalu sering melihat foto-foto seseorang berseliweran di linimasanya.

4. Penggerutu, pengeluh, dan tukang protes

Ada loh netizen yang entah secara sadar atau tidak, selalu memasang status berupa keluhan, gerutuan, atau protes terhadap keadaan. Dari protes dan gerutuan terhadap suatu kebijakan, sampai keluhan tentang segala sesuatu yang menimpa dirinya. Tidak jarang, status-status berisi protes dan gerutuan mengundang kata sepakat dari orang lain yang membacanya. Namun, seringpula status yang isinya melulu tentang keluhan membuat orang lain jengah.

5. Sang Motivator

Kalau yang ini, sangat rajin mengutip kalimat-kalimat motivasi dari para motivator atau pepatah bijak. Status model begini biasanya rajin sekali dibuat oleh orang-orang yang sedang tergabung dalam bisnis MLM. Selain itu, ada juga yang hanya mengisi kolom statusnya dengan penggalan ayat suci atau hadits.

6. Anggota pasif

Sebagian orang lain lebih senang menyimak. Mereka hanya membuka akun jejaring sosialnya untuk membaca status teman-teman dan keluarga mereka. Dengan begitu, mereka masih tetap up date terhadap kabar dari orang-orang di sekitarnya.





Dampak Negatif dari Perkembangan Teknologi Informasi :
-   Maraknya cyber crime atau kejahatan dunia maya. Sebagai contoh para hacker yang bisa menjebol sistem komputer seseorang, dan masih banyak kejahatan dalam dunia maya yang di manfaatkan oknum tertentu demi kepentingan pribadi.
-   Karena mudahnya informasi yang di ambil, anak-anak di bawah umur dapat dengan mengakses situs-situs dengan konten dewasa.
-   Menimbulkan sifat yang cenderung malas. Seringkali pengguna internet tenggelam dalam dunianya sendiri dan tidak mempedulikan sekitarnya, banyak dari mereka yang lebih sering berinteraksi dengan teman dunia mayanya di bandingkan dengan teman dalam dunia nyata. Hal ini mempengaruhi sifat seseorang yang cenderung sulit bila harus di hadapkan dengan masalah dan masyarakat dalam dunia nyata.



Dampak positif dari perkembangan teknologi informasi :

-   Memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi secara global. Banyak fitur-fitur yang di sediakan oleh teknologi informasi, untuk mendukung fasilitas komunitas tersebut. Dan harga yang di tawarkan sekarang relaitf terjangkau.
-   Memudahkan masyarakat dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari dengan cepat dengan perangkat software yang semakin berkembang dan mudah di gunakam oleh masyarakat banyak.
-   Menguntungkan perusahaan banyak bidang yang mengunakan jasa teknologi informasi. Sebagai contoh dalam bidang perdangangan, dengan bantuan e-commerce maka masyarakat lebih mudah untuk membeli/menjual suatu barang secara online kita tidak membutukan waktu banyak biaya untuk datang ke suatu tempat.
-   Memudahkan masyarakat dalam mencari niformasi yang di butuhkan. Dengan adanya search engine yang beredar, kini masyarakat lebih mudah mengakses informasi yang ada dalam dunia maya. Informasi dan berita yang ada, cenderung lebih cepat tampil pada web browser di bandingkan dengan media lain.




sumber referensi :

http://aryapramudya-gunadarma.blogspot.com/
http://diskominfo.jabarprov.go.id/ragam-prilaku-di-media-sosial/

1 komentar:

You Know Me mengatakan...

pas banget saya ada tugas sob, terima kasih ya sob buat infonya.. sangat bermanfaat.. ^^

Posting Komentar

Labels

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Labels

Popular Posts