Pages

Minggu, 30 Maret 2014

Teknologi Game

hai sobat blogger's kali ini saya kembali menulis guna memenuhi tugas softskill pengenalan teknologi game . pasti kalian semua tau dan pernah bermain game, namun apakah kalian sudah update tentang teknologi game saat ini ? nah disini saya akan mengulas sedikit tentang teknologi game dari masa ke masa , langsung saja disimak dibawah ini ya :

- Game Gen Pertama
   1972 ~ Di masa itu game belum dikenal oleh orang banyak, karena teknologi game pada saat itu masih berupa game konsol atau game komputer, namun yang banyak dikenal adalah video game(permainan elektronik yang menampilkan gambar bergerak). pada tahun ini perusahaan Magnavox meluncurkan video game pertama yaitu odyssey namun muncul kompetitor dari perusahaan atari yang meluncurkan sebuah mesin ding ding bernama Sears yang di dalamnya terdapat permainan Pong(konsep permainan tenis)
   1975 ~ Magnavox mengikuti jejak Atari memproduksi mesin ding dong dikarenalan Odyssey berhenti diproduksi yang kalah bersaing dengan mesin ding dong buatan Atari.

- Game Gen kedua
   1976 ~ 1977 Perusahaan Fairchild mencoba membuat video game dengan menciptakan VES( video entertainment system). Namun dalam usahanya itu fairchild mengalami kebangkrutan karena konsep yang ditawarkan tidak laku dipasaran, sebaliknya Magnavox dan Atari masih bertahan.
   1978 ~ Magnavox memperkenalkan Odyssey 2, namun sama seperti pendahulunya konsep ini pun gagal, tak lama Atari mengeluarkan kosol legendaris, Atari 2600 yang terkenal berkat game Space Invaders-nya.
   1980 ~ Persaingan pun semakin sengit dengan bermunculannya berbagai perusahaan yang ingin menandingi Magnavox dan Atari, mereka pada umumnya mengambil konsep Atar 2600, sejak saat itu perkembangan game tidak dapat dihindari lagi.
   1983 ~ Pada tahun ini dunia game kembali mengalami masa yang buruk karena game-game yang kurang kreatif, yang menyebabkan game konsol mendapat sambutan negatif, apalagi PC saat itu semakin menjadi primadona dengan kecanggihannya yang dapat dipakai untuk produktif bekerja namun bisa juda digunakan untuk bermain game . Game-game komputer semakin berjaya dan berkembang dengan pesat hingga saat ini. Pelopor PC ber game saat itu adalah Commodore 64, konsol sekaligus personal computer yang menyediakan tampilan grafis 16bit dan memiliki memori yang lebih baik saat itu.

-Game Gen ketiga
   1983 ~ Perusahaan Famicom (Jepang) menciptakn sebuah inovasi baru dengan merilis konsol game bernama NES(Nintendo Entertainment System), pada game konsol ini dapat menampilkan gambar dan animasi dengan resolusi tinggi yang lahir pada masa itu untuk pertama kalinya. Setelah mendapat sambutan meriah dipasaran Famicom memperluas pemasarannya ke amerika , di masa ini lahirlah game legendaris yang amat fenomenal hingga saat ini yaitu SUPER MARIO BROTHERS .

-Game Gen keempat
   1988 ~ NES mencetak sejarah karena dapat menggemparkan dunia melalui inovasi nya dan disambut hangat di seluruh dunia, pada masa kejayaannya sebuah perusahaan muncul untuk menghentikan dominasi dari game konsol NES ini , adalah perusahaan Sega yang merilis konsol next-generation mereka, SEGA Mega Drive ( SEGA Genesis). Konsol ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yang lebih halus dibanding NES. Konsol ini cukup membuat NES kelabakan menghadapinya, akan tetapi NES tetap bertahan dengan angka penjualan yang tetap tinggi.
   1990 ~ Dengan persaingan yang semakin ketat dan inovasi yang terus berkembang , pada tahun ini Nintendo melakukan gebrakan dengan meluncurkan konsol next-gen mereka, SNES (Super NINTENDO Entertainment System). Persaingan Nintendo dan Sega pun terjadi selama 4 tahun yang menjadikannya sebagai musuh bebuyutan dalam hal inovasi game, rivalitas legendaris terjadi antara Super NES dengan Mario Brothers sebagai ikonnya sementara Sega Mega Drive dengan Sonic the Hedgehod sebagai ikonnya, kedua perusahaan ini tidak terusik dengan kehadiran perusahaan lain yang coba menandingi , namun apa daya mereka tidak mampu berbuat banyak .

-Game Gen kelima
   1990 ~ 1994 Sega dan Nintendo terus bersaing menarik minat pembeli dengan berbagai inovasi mereka , keduanya berupaya terus meningkatkan kualitas dari konsol game mereka dan juga terus menambah game yang dibuat.
   1993 ~ Sebuah perusahaan ternama mencoba mengusik dunia game dengan meluncurkan inovasi game konsol yang menggunakan CD sebagai pengganti catridge, namun harga menjadi batu sandungan, Panasonic 3DO tidak dapat bertahan lama.
   1994 ~ Atari mencoba merebut kembali pasar game dengan mengeluarkan Atari Jaguar yang sudah barang tentu lebih canggih daripada Nintendo maupun Sega, tetapi penggunaan yang sulit menjadi halangan untuk pemasarannya, belum lagi pada tahun yang sama perusahan SONY merilis konsol Super Terlaris hingga saat ini yaitu tak lain dan tak bukan adalah PlayStation . Atari mengalami stagnansi dan akhirnya bangkrut sehingga harus melakukan merger. Kesuksesan Sony PlayStation ini disadari oleh Sega dan Nintendo yang dengan segera merilis Sega Saturn dan Nintendo 64.

-Game Gen keenam
   1998 ~ Pada tahun ini Sony bisa dibilang berjaya dengan jatuhnya Nintendo dan Sega , karena PlayStation menjadi raja game konsol karena tidak memiliki pesaing lagi. Sega mencoba bertahan dengan merilis Sega Dreamcast namun tetap pada akhirnya gagal lagi, pada akhirnya Sega menyerah dan mengundurkan diri dari ketatnya persaingan dunia game karena kalah berinovasi.
   2000 ~ Sony semakin menggila dengan inovasi yang mereka ciptakan, dengan merilis PlayStation 2 yang berbasis DVD . Nintendo masih mencoba bertahan dengan merilis GameCube. Konsep konsol ini kurang menarik dan cenderung dianggap nyeleneh karena medianya yang tidak biasa yaitu menggunakan DVD yang ukurannya kecil. Pada masa ini satu-satunya pesaing PS 2 adalah Xbox, sebuah konsol keluaran microsoft yang menggebrak melalui fitur tampilan visual yang sangat mengagumkan pada masa itu, bisa dibilang Xbox kala itu memiliki tampilan visual yang sangat tajam dan berkualitas tinggi .Sayangnya game-game Xbox kurang populer dibanding game-game dari PS 2.

-Game gen ketujuh
   2005 ~ Pada tahun ini Xbox terkambat meluncur ke pasaran dibanding PlayStation 2 dan support game-game tenar juga sangat minim. Tetapi, Microsoft seolah belajar dari kesalahannya. Pada saat Sony masih melakukan riset untuk konsol PlayStation 3 yang menggunakan Blu-Ray, Microsoft telah mengambil seribu langkah cepat. Xbox 360 , konsol generasi terkini yang memanfaatkan HD-DVD.
   2006 ~ Xbox 360 menghadirkan segudang inovasi mulai dari grafis, hingga game-game tenar. Apalagi Xbox 360 dilengkapi dengan Xbox Live semakin disempurnakan, dan mendapat sambutan luar biasa dari para gamer. Posisi yang justru terbalik ketika Sony yang terlambat merilis Sony PlayStation 3, baru pada November 2006 PS 3 diperkenalkan, selang seminggu Nintendo meluncurkan terobosan yaitu meluncurkan Nintendo Wii. Posisi PlayStation 3 kurang menguntungkan, selain karena Xbox 360 sudah terlebih dahulu terkenal luas, Wii pun menawarkan inovasi dengan stik kontrol mereka yang motion sensitive. Apalagi harga konsol terbaru Sony merupakan harga paling mahal diantara ketiganya.






Sumber :
http://www.zainalhakim.web.id/perkembangan-teknologi-game-di-dunia-1.html
http://www.zainalhakim.web.id/perkembangan-teknologi-game-di-dunia-2.html

0 komentar:

Posting Komentar

Labels

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Labels

Popular Posts